Entri Populer

Minggu, 09 Februari 2014

Perintah-Perintah Commandprompt

Era DOS (Disk Operating System) telah berakhir, system operasi yang dulunya berupa text sekarang sudah berkembang menjadi berbasis GUI (Graphical User Interface).

Masih ingat betul dalam ingatan, setiap belajar pelajaran komputer dengan bangga membawa disket berukuran besar, komputernya juga masih ingat betul, hanya ada dua drive waktu itu tanpa CD/DVD Rom karena memang waktu itu disekolah saya belum memiliki fasilitas tersebut. “Anak-anak masukin disketnya kemudian ketikkan perintah-perintah yang ada di papan tulis dan lihat apa yang ditampilkan”, “ya bu….”
Jawab kami waktu itu. Perintah-perintah copy, ren, vol, date, time dsb kami ketikkan disebuah keyboard dan ketika ada reaksi yang ditampilkan kami langsung bersorai, terdengar kampungan memang, tetapi bagi mereka yang belum pernah melihat bahkan menyentuh computer ini merupakan sebuah keajaiban, ternyata ada hal seperti ini di dunia. Lho ini sebetulnya tulisan computer atau novel sich hehehehehehehe…
Pembaca komputerBLOG sekalian, kali ini kita akan sedikit kembali ke masa lalu, kembali kepada kejayaan era DOS, yaitu mempelajari dan mengenal kembali perintah-perintah yang ada pada command prompt. Agar memudahkan dalam pembacaan, Ex-book ini disusun sesuai dengan kategorikategori. Apa saja perintah-perintahnya dan apa saja kegunaannya ? simak terus tulisan ini.

MENJALANKAN COMMAND PROMPT
Untuk mempraktekkan perintah-perintah pada command prompt tentu saja Anda harus menjalankan aplikasi tersebut, bagaimana cara memanggil command prompt ? wah-wah saking canggihnya system operasi yang dipakai sampai lupa begini, nich diingetkan lagi.
1.      Pilih Start > Run… > pada jendela Run… ketikkan cmd.

2.      Kemudian tekan [Enter].

PERINTAH PERINTAH PADA COMMAND PROMPT
Ok, sekarang kita akan mengulang sejarah, pelajaran dimulai…
Guru : “Anak-anak coba ketikkan perintah-perintah ini dan lihat apa hasil keluarannya”.
Murid : “Iya bu….”.

Date
Perintah Date berfungsi untuk menampilkan tanggal atau untuk menset tanggal.

Vol [drive]
Berfungsi untuk menampilkan label suatu drive dan serial numbernya.

Time [/T]
Time tanpa parameter /T akan menampilan waktu saat ini dan menset dengan yang baru. Time dengan parameter /T akan menampilan waktu.


Dan masih banyak lagi perintah-perintah yang lain. Berikut link download untuk artikel “perintah commandprompt” dari akang Kinta Mahadji.